Pages

Pages

Pages

27 Jan 2014

Sifat Manusia dilihat Dari Golongan Darah




      Secara umum darah manusia terbagi dalam golongan A, B, O, AB, dari empat golongan tersebut ternyata mempunyai keunikan masing-masing yang mempengaruhi karakter seseorang. Di Jepang, ramalan tentang seseorang lebih ditentukan oleh golongan darah daripada zodiak atau shio. Kenapa?
Katanya, golongan darah itu ditentukan oleh protein-protein tertentu yang membangun semua sel di tubuh kita dan oleh karenanya juga menentukan psikologi kita.
Benar apa tidak? Berikut penjelasan tentang golongan darah tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan di Jepang.

25 Jan 2014

Jalan Terbaik




Cahaya menerobos masuk melalui ventilasi udara membentuk siluet kecil dalam ruangan berukuran tak lebih dari ukuran lostmen. Di sana terdapat satu set ranjang lengkap dengan almari, dengan salib tertempel di antara dinding yang mengapit. Sesosok tubuh mungil, dengan rambut terurai terpekur di ujung ranjang dengan kedua tangan merapat, mendekap dada dan kepala tertunduk. Menyiarkan senandung harap dengan penuh khidmat. 

“Tuhan aku mencintai seseorang yang tak mungkin aku milik, seseorang yang telah memberikan bahagia dalam hari-hariku. Kadang aku membencinya, namun beberapa saat kemudian aku luruh, entah apa yang dia miliki hingga membuat diri yang semula kosong terasa begitu bermakna. Tuhan apakah aku salah membiarkan tanah gersang disirami air suci yang bukan dari-Mu? Membiarkan tanah lain menyebar benih-benih ketenangan tanpa seizin dari-Mu. Aku menyukainya melebihi dengan apa yang aku bayangkan. Ijinkan aku untuk memelihara perasaan ini sampai tiba saatnya aku pergi, dan benar-benar merelakannya pudar bersama penglihatan ini”. 

Perlahan matanya terbuka, mengeluarkan bulir-bulir air yang tertahan selama khidmat dalam do’a, sementara di tempat lain, sosok tambun terduduk di atas sajadah yang tergelar, menengadah kedua tangan dengan uraian tasbih di tangan kanannya, menitikkan air mata tatkala serpihan do’a terucap di bibirnya.

15 Jan 2014

Pelayanan Prima dalam Percepatan Pembelajaran


Oleh : Drs. Supaat, M.Hum

Model pembelajaran modern, sesuai dengan yang telah dikembangkan dalam kurikulum 2013: quantum learning. Sebuah pembelajaran quantum learning berakar dari upaya Dr. George Lozanov, seorang pendidik berkebangsaan Bulgaria yang bereksperimen dengan apa yang disebutnya sebagai “suggestology” atau “suggestopedia”. Konsep ini pada prinsipnya menganggap bahwa sugesti dapat dan pasti mempengaruhi hasil situasi belajar, dan setiap detail apapun memberikan sugesti positif dan negative. Oleh karena itu, model pembelajaran ini selalu menjadi agenda penting dalam implementasi kurikulum 2013, yang menekankan adanya student centered learning, pembelajaran yang berpusat pada keberadaan siswa.